Kamus Istilah Dalam Berjilbab

Kamus Istilah Dalam Berjilbab – Ada Banyak Kamus Istilah Dalam Berjilab yang sering kita dengar, namun kadang istilah itu kita tidak tahu apa arti sebenarnya tapi kita pu pura-pura tahu iyaaa kan..?? Saya pun tidak terlau mengerti dari mana istilah muncul namun sering terdengar di telinga para muslimah. Nah kali ini saya coba berikan informasi mengenai istilah yang beredar di sekitar kita tentang istilah-istilah dalam berjilbab

istilah dalam berjilbab

istilah dalam berjilbab

1. Inner hijab : Disebut juga dalaman jilbab. Biasanya berupa ciput, inner ninja, maupun bonnet.

2. Inner hijab ciput: Bentuknya seperti topi. Ada dua jenis, yang bisa langsung digunakan dan yang harus diikat terlebih dahulu. Saat ini bentuk inner ciput sudah bermacam-macam. Ada yang diberi variasi renda, warna, kerut dan sebagainya.

3. Inner hijab ninja: Bentuknya seperti kerudung instan, namun ini adalah dalaman, sehingga panjangnya hanya di bawah leher. Ada yang bagian belakangnya diberi cepol, ada yang tidak. Inner hijab ninja biasanya menggunakan kancing atau resleting untuk penyambungnya, ada juga yang menggunakan karet sehingga bisa langsung dipasang.

4. Pashmina: Pada dasarnya pashmina adalah kerudung panjang yang terbuat dari bahan pashmina, namun jaman sekarang pashmina sudah terbuat dari aneka jenis kain dan motif. Misalnya, chiffon, kaos/rayon, rajut dan sebagainya. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran bervariasi.

5. Jilbab segi empat: Jilbab segi empat adalah kain berbentuk bujur sangkar dan umumnya terbuat dari bahan katun paris dan chiffon. Untuk menggunakan, umumnya dibentuk segitiga lebih dulu, namun teknik masa kini sudah membuat penggunaan jilbab ini makin bervariasi.

6. Hijab gaya turban: Hijab gaya turban adalah model hijab yang menghabiskan sebagian besar kerudung pada bagian kepala dan leher. Ada juga yang berupa turban instan dan bisa langsung pakai. Namun gaya hijab ini kurang menutupi dada dan biasanya bisa disiasati dengan menggunakan scarf tambahan atau outer. Sering digunakan untuk wanita ayng aktif dan dinamis kesehariannya.

7. Gaya jilbab basic/klasik: Gaya jilbab ini digunakan sejak dulu dan everlasting. Tidak pernah nampak kuno dan masih digemari orang. Biasanya dengan melipat kerudung segi empat menjadi segitiga dan menyematkan kedua sisinya di bawah dagu.

8. Manset: Manset adalah pakaian yang bisa digunakan sebagai dalaman saat menggunakan pakaian lengan pendek atau pakaian luar yang agak tembus pandang. Jenis manset ada dua macam, yang menutup separuh badan dan yang menutup seluruh badan, berbentuk dress.

9. Maxi skirt: Istilah ini untuk menyebut rok panjang dalam dunia fashion. Maxi skirt menutup dari pinggang hingga ke mata kaki.

10. Maxi dress: Berupa gaun panjang yang menutup dari pangkal leher hingga mata kaki.

11. Cardigan Hoodie Hijab: Sebuah kerudung hijab instant yang bisa digunakan sebagai rompi dan memiliki hoodie sebagai kerudungnya. Keunikannya adalah bisa digunakan sebagai pakaian dan hijab sekaligus sekaligus.

12. Cardigan batwing/Cocoon: Cardigan ini adalah sejenis luaran dari bahan rajut dengan bagian lengan melebar seperti sayap kelelawar sehingga tak nampak ketat. Ada juga yang berbentuk seperti cocoon/kepompong yang bulat memanjang.

13. Penguin dress: Istilah untuk dress sebetis yang bagian bawahnya berbentuk lingkaran lonjong namun pendek di bagian depan dan panjang di bagian belakang

14. Ruffle Crop Top: Istilah untuk atasan lengan panjang dengan aksen lipat di bagian depan dan bagian belakang lebih panjang.

15. Wave Top: Istilah untuk atasan dengan bentuk bawahan yang asimetris dan pinggiran yang bergelombang alias tidak rata.

Nah itulah sedikit istilah berjibab yang lagi tren di sekitar muslimah, Jika kurang lengkap, Muslimah boleh kok menambahkan melalui kotak komentar di bawah. saya akan tambah lagi di daftar list istilahnya. Semoga bermamfaat yah sohib.. Assalmualaikum

 

(*Editor : Zivana, Referensi /sumber: vemale.com, resource image/gambar:caraberjilbab.com )

Kamus Istilah Dalam Berjilbab | ziva | 4.5

Leave a Reply